Kamis, 10 November 2016

Ketahuilah 5 Manfaat Buah Kurma

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dinantikan oleh para umat muslim didunia. Bagi umat muslim sendiri, bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan amal dan ibadah yang dapat menghasilkan pahala yang berlimpah. Namun ada hal yang tidak bisa dilewatkan saat ramadhan, terutamapada saat berbuka puasa. Yaitu buah kurma, buah kurma menjadi mkanan yang melangkapi pada saat berbuka. Rasanya sangat tidak lengkap jika bulan ramadhan tanpa adanya buah kurma. 


Menurut artikel yang dilansir oleh Wikipedia, asal tanaman kurma sendiri berasal dari Teluk Persia. Pohonnya sendiri berukuran sedang, dengan tinggi  sekitar 15 sampai 25 meter dengan daunnya memiliki panjang 3 sampai 5 meter. Buah kurma juga bisa dibilang telah menjadi makanan pokok orang timur tengah.
Buah Korma. (Foto: metodesehat.com)
Kurma merupakan sumber beragam vitamin dan mineral. Kurma juga memiliki sumberla, dan serat yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc juga ditemukan pada buah  kurma. Vitamin yang terdapat pada buah kurma juga sangat banyak  seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K. Di Indonesia, buah kurma sering diolah kembali untuk tambhan bahan makanan atau tambhaan sebagai obat. Karena buah kurma diyakin memilik manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Dengan memakan buah kurma saat bulan ramadhan, akan membuat tubuh kita menjadi lebih kuat untuk menjalani hari-hari saat berpuasa. 

Ada beberapa manfaat dan khasiat kurma yang mungkin belum anda ketahui, diantaranya adalah :

1. Penangkal Racun Pada Tubuh
Manfaat buah kurma yang pertama adalah menangkal racun yang ada dalam tubuh kita. Karena buah kurma memiliki vitokimia serta memiliki zat antioksidan, yang berguan untuk membuang racun yang ada pada dalam tubuh kita. Dengan memakan kurma, akan membuat tubuh kita tidak mudah terkena penyakit yang dihasilkan dari lingkungan sekitar kita.

2. Sumber Energi Saat Melakukan Aktifitas
Kandungan energy yang terdapat pada buah kurma, akan membuat kita tidak mudah lelah dalam melakukan aktifitas atau kegiatan sehari-hari yang menguras tenaga.  Memakan buah kurma pada saat berbuka puasa akan mengebalikan energy kita yang telah hilang karna aktifitas dan melakukn ibadah puasa. Oleh karena itu, buah kurma sangat baik dikonsusi saat berbuka.


3. Mengendalikan Diare
Buah kurma yang ranum memiliki serat dan potassium yang berguna untuk penyembuhan diare. Agar kinerja usus dan fungsi system pembuangan lebih baik, sebaiknya mengkonsumsi kurma agar penyakit diare dapat cepat pulih.

4. Kesehatan Jantung
Buah kurma dipercaya dapat mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Dengan mengkonsumsi buah kurma maka tingkat kolestrol pada tubuh akan tetap terjaga, dan membuat tubuh tetap sehat.

5. Membuat Tulang Menjadi Kuat
Buah kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tiggi, yang berguna untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma juga memiliki kandungan selenium, magnesium, mangan, dan tembaga, seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, terutama bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai melemah.
(Sumber: artikelind.com)


EmoticonEmoticon