Selasa, 16 Mei 2017

Tips Niat Puasa Agar Lebih Berpahala

Tags

Ramadhan kali ini hendaknya ibadah bisa lebih baik dari ramadhan sebelumnya. Kebanyakan orang berharap seperti ini. Meluruskan kembali niat puasa memang suatu kewajiban mengingat puasa ibadah yang diperintahkan langsung oleh Allah. Bahkan Allah sendiri yang akan menghitung amalan puasa kita dan membalasnya di hari akhir nanti.

Namun sayangnya masih banyak orang yang niat puasanya berbelok belok dan mencampurkan dengan hal-hal lain. Misalnya menjadikan waktu sehabis sholat subuh sebagai ajang bertemu dengan pasangan yang bukan muhrimnya. Menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan dengan dalih persiapan lebaran atau berkunjung ke rumah tetangga untuk bergosip sembari menunggu waktu berbuka. Hal ini sangat merugikan jika kamu mengetahuinya.
foto:wahdah.or.id
 Persiapan jelang ramadhan seharusnya lebih matang daripada persiapan lebaran. Lalu bagaimanakan cara meluruskan kembali niat puasa agar pahala puasa tidak hilang percuma?

Bersihkan hati dengan lebih muhasabah diri
Memasuki ramadhan hendaknya kita lebih bermuhasabah diri atau introspeksi diri tentang apa yang kita lakukan selama ini. Jika hari-hari yang lalu lebih disibukkan dengan urusan dunia, usahakan ramadhan kali ini kita lebih dekat dengan Allah baik di hati, lisan maupun perbuatan.

Memaafkan orang dan meminta maaf
Hati akan menjadi keras dan tidak dapat menerima ilmu jika kita banyak membenci orang. Bersihkan hati dengan memaafkan kesalahan orang lain dan meminta maaf jika berbuat salah. Hati yang lapang akan mudah menerima ilmu dan lebih khusuk ketika ibadah karena merasa lebih dekat dengan Allah.

Isi waktu ramadhan dengan kegiatan bermanfaat
Pemerintah bahkan pemilik usaha umumnya lebih longgar ketika puasa tiba. Ini termasuk toleransi terhadap umat yang sedang berpuasa. Misalnya waktu pulang yang sedikit dipercepat atau waktu istirahat yang lebih diperlama. Jika kamu mendapat kemudahan ini di tempat kerjamu usahakan diisi dengan hal yang bermanfaat misalnya membaca tafsir qur’an, mendegarkan ceramah agama dari hp atau kegiata lain yang bermanfaat dari pada hanya sekedar berbicara yang tidak pernting da akhirnya menjurus ke arah gosip.

Luangkan waktu untuk berdiam diri di masjid
Kegiatan ini bisa kamu lakukan ketika menunggu waktu berbuka, menunggu waktu tarawih dan ketika selesai sholat subuh. Kamu bisa datang lebih cepat ke masjid untuk iktikaf. Menenangkan diri di rumah Allah niscaya lebih baik daripada menghabiskan waktu  dengan kegiatan yang tidak penting.


EmoticonEmoticon